PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER SEJAK TAHUN 2010

Pengertian Komputer

Computer berasal dari kata “ to compute” yang berarti berhitung. Computer adalah suatu alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai tempat penyimpanan (storage internal) dan bekerja dengan bantuan system operasi menurut program – program yang diberikan.

Ciri – cirri pada suatu computer, yaitu:

  1. Alat elektronik
  2. Dapat menerima input data
  3. Dapat mengelola data
  4. Menggunakan suatu program yang tersimpan pada memori computer
  5. Dapat menyimpan hasil pengolahan data
  6. Control
  7. Dapat melakukan pemindahan data
  8. Bekerja secara otomatis.

Sejarah Komputer

Sejak zaman kuno, manusia telah menggunakan bilangan. Alat untuk mempermudah perhitungan itu dimulai dari batu perhitungan jaman prasejarah dan meningkat maju denga;

  1. Abacus berupa sebuah permukaan pasir, sabak lilin, atau batu lebar dengan tanda yang menunjukkan letak bilangan dan kerikil yang digunakan sebagai penghitung.
  2. Pascalin, dikenal sebagai mesin menjumlah dan mengurangi pertama.
  3. Jacquard, berupa sebuah mesin tenun yang pola tenunnya disimpan menggunakan kartu yang berlubang.
  4. Babbage, merupakan mesin analitis untuk menghitung table astronomi untuk digunakan pada angkatan laut yang disebut mesin selisih yang dijalankan dengan tenaga uap.
  5. Hollerith, membangun pemprosesan data yang bertujuan untuk menghitung dan menjumlaj sensus tahun 1890 di Amerika Serikat.

Perkembangan Teknologi Komputer sejak Tahun 2010

Melihat dari perkembangan teknologi di dunia, di mana para ilmuwan teknologi tidak pernah berhenti untuk beinovasi untuk mengembangkan karyanya, teknologi yang diluncurkan memiliki desain yang efisien dan kemampuan super canggih dari terknologi komputer. Kecepatan akses data dan tampilan gambar yang sudah berkualitas dan bewarna serta multimedia dan juga fungsi computer menjadi lebih cerdas.

Dengan lahirnya generasi ini, perusahaan IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software didalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia computer personal  (pc). Pada generasi ini computer sudah mempunyai bentuk umum:

  1. CPU (Central Processing Unit)
  2. Monitor berupa LCD (Liquid Crystal Digital)
  3. Keyboard
  4. Mouse

Namun karena kebutuhan yang dimiliki manusia semakin lama semakin kompleks dan itu dibutuhkan jenis computer yang sesuai dengan kebutuhan, oleh karena itu kebanyakan computer dikembangkan fokus pada hardware yang terdapat pada CPU agar dapat menyesuaikan dengan program atau software yang dibutuhkan. Secara umum perkembangan computer dapat dilihat dari perkembangannya komponen microprocessesornya.

Berkembangnya komputer dengan mikro yang menggunkan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori computer internal.  Istilah chip digunakan untuk menunjukan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu.

Banyak kemajuan di bidang desain computer dan teknologi. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemprosesan parallel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan system yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan yang lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada halangan atau hambatan apapun, yang dapat mempercepat kecepatan informasi.

Ciri-cirinya:

  1. Mempunyai desain yang lebih kecil
  2. Pengembangan Very Large scale integration atau VLSI, yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam kedalam sebuah microprocessor
  3. Dapat menterjemahkan bahasa manusia.

Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan computer meyakini suatu saat tercipta apa yang diebut biochip yang dibuat dari bahanprotein sitetis. Teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-input audio yang mungkin digunakan oleh computer yang akan dating. Ahli sains computer juga sedang mencoba merancang computer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Computer tanpa program mungkin membentuk ciri utama generasi computer yang akan datang.

Kesimpulan

Dimulai dari hanya sebuah alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik, kini sudah berkembang menjadi sebuah computer yang canggih. Perkembangan computer dari generasi ke generasi. Para ilmuwan mencoba mengembangkan teknologi agar pengguna computer lebih mudah menggunakannya. Bentuk dari teknologi juag telah berubah dari waktu ke waktu berdasarkan kegunaan dan fungsinya.

Daftar pustaka:

Maula.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/35965/1.+sejarah+dan+Perkembangan +Komputer.pdf

Perkebangan-sejarah.blogspot.co.id/2015/02/sejarah-perkembangan-komputer-dari-generasi-ke-generasi.html?m=1

Dosen pengampu: D.J Anderson Butarbutar, S.E.,S.Kom.,M.M.

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑